2. Kelebihan

Kelebihan JavaScript

Pada awalnya, JavaScript dikenal dengan sebutan LiveScript. Seiring dengan berkembangnya bahasa, maka oleh Netscape, LiveScript diubah ke JavaScript. Kemunculan JavaScript pertama kali pada tahun 1995 dalam Netscape 2.0. Berikut beberapa keunggulan menggunakan JavaScript:

Meminimalkan interaksi server

Salah satu cara terbaik untuk mengoptimalkan performa dan kecepatan website adalah dengan mengurangi komunikasi ke server. Dalam hal ini, JavaScript memvalidasi user input di client-side. Script ini hanya akan mengirimkan permintaan ke server setelah melakukan validasi awal. Alhasil, penggunaan resource dan jumlah permintaan ke server akan menurun secara signifikan.

Antarmuka yang lengkap dan mudah digunakan

Dengan menggunakan JavaScript, Anda dapat membuat antarmuka client-side yang interaktif, misalnya menabahkan slider, slideshow, efek mouse roll-over, fitur drag-and-drop, dan lain sebagainya.

Feedback yang cepat untuk user

Dengan menggunakan JavaScript, user akan dengan cepat memperoleh feedback. Misalkan ada seorang pengguna yang telah mengisi formulir dan tersisa satu kolom yang belum diisi atau kosong. Tanpa adanya validasi JavaScript, pengguna tersebut tidak akan sadar jika ada kolom yang belum diisi sampai halaman akhirnya reload. Adanya JavaScript, pengguna tidak harus menunggu karena akan langsung diberi warning.

Debugging mudah

JavaScript merupakan bahasa yang ditafsirkan, berarti kode yang tertulis diuraikan baris demi baris. Apabila muncul error, Anda akan langsung melihat angka baris tempat terjadinya kesalahan tersebut.