1. Pendahuluan

Cara Membuat JavaScript di HTML: Langkah Mudah dan Lengkap


Kali ini kami menuliskan tutorial yang memuat tentang cara membuat JavaScript di HTML. Terlebih dulu kami akan membahas pengertian JavaScript, dan setelahnya berfokus pada berbagai cara memasukkan JavaScript ke HTML.

Di HTML, Anda bisa menampilkan konten yang bersifat statis, misalnya gambar. Namun, belakangan ini, konten statis sudah tidak begitu lagi digemari. Kebanyakan konten saat ini sangat interaktif dan memuat slideshow, formulir, dan menu dengan tampilan yang menarik.

Konten-konten tersebut memberi kesempatan pada pengguna untuk lebih berekspresi dalam mengelola dan mengembangkan websitenya. Jika Anda menginginkan tampilan konten yang demikian, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah script bahasa pemrograman dan JavaScript adalah yang paling populer di antaranya.

Adanya JavaScript memampukan para developer untuk membuat website dapat berinteraksi dengan user dan sebaliknya. Meskipun ada banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa dipilih, tak ada yang sepopuler JavaScript. Agar potensi dan keunggulannya dapat dimaksimalkan, JavaScript sebaiknya digunakan secara bersama-sama dengan HTML.